Presentasi = Membosankan?

Penulis Toto Gutomo, pada 17 Apr 2009

Tugas-tugas anak kuliah sangat beragam, salah satu tugas yang mengadopsi tekhnologi informatika adalah tugas membuat makalah dan akan dipresentasikan ( dengan Microsoft Office Powerpoint) didepan kelas dihadapan teman-teman mahasiswa lain yang nantinya akan terbentuk sebuah diskusi pasca presentasi.
Lalu bagaimana presentasi yang efisien dalam kelas kuliah? Sebelumnya, saat saya menulis artikel ini, saya sudah menguap berkali-kali mendengarkan teman membacakan makalahnya pada saat presentasi, terasa detik-detik sangatlah lamban berlalu.
Sebuah presentasi akan membosankan jika kita hanya membacakan makalah kita (secara utuh), padahal jelas peserta juga sudah mengetahuinya. Ketika kita mengadakan sebuah presentasi hendaknya memilih kata-kata yang fantastis, efisien yang mampu menggugah minat peserta presentasi kita.
Kita tarik waktu kebelakang, sebelum tugas presentasi diadakan biasanya tugas makalah diberikan jauh sebelum prsentasi (+1 minggu) dan sudah ditentukan tema untuk masing-masing individu / kelompok.
Prsentasi yang mampu diterima mahasiswa secara utuh (ya setidaknya 60% lah) adalah prsentasi yang simpel, jelas, padat berisi, dan waktunya tidak lebih dari 15 menit! Seperti balita yang hanya mampu fokus mendengarkan dongeng orangtuanya selama 3 menit (Dancow, 2009), mahasiswa juga memiliki limit waktu fokus untuk memperhatikan presentasi tugas makalah.
Disesi akhir presentasi, tempat pertanyaan berguguran. (1) Ada yang menanyakan materi mendasar (yang jawabannya jelas tertera dibuku pegangan mahasiswa) entah dengan maksud menguji, mencari nilai lebih dari bertanya, atau memang benar-benar tidak mengerti karena tidak membaca buku sebelum presentasi digelar. (2) Ada yang menanyakan pertanyaan yang memang benar-benar sudah jelas dalam presentasi, biasanya karena kurang memperhatikan presentasi dengan alasan tertentu dan memiliki keinginan untuk bertanya yang kuat, alhasil keluarlah pertanyaan seperti ini. (3) Ada juga pertanyaan yang tak pernah usai, selalu disanggah... dibantai... dibahas terus... dan lain-lain, ini diskusi apa debat mas?. (4) Ada juga kalanya pertanyaan-pertanyaan absent dalam presentasi tugas makalah, mungkin saja peserta terlalu bosan, terlalu malas untuk bertanya dan sangat ingin cepat berakhirnya presentasi.
Berusaha menjadikan peserta presentasi fokus dengan metode-metode sendiri adalah visi yang baik bagi mahasiswa... Get Spirit!!! ^^

1 komentar:

Taufik mengatakan...

sudah biasa yang seperti itu, malah kami sudah sistem 5 menit presentasi, ga ribet ga panjang lebar just to the point

Posting Komentar

Komentar sahabat blogger sangat berguna bagi perkembangan artikel (post) pada blog ini :)

Gunakan kotak komentar atas untuk pengguna Facebook dan Gunakan kotak komentar bawah untuk blogger ^^V