Kuliner: Mandai, Unik Rasa Asik

Penulis Toto Gutomo, pada 24 Des 2011

Makanan Unik rasa Asik, Mandai (bukan Monday = senin), mungkin menjadi salah satu makanan favorit beberapa orang di Banjar, namun menjadi makanan yang asing bagi kebanyakan orang. Pada kesempatan ini, saya akan mengenalkan kepada sahabat blogger tentang makanan yang satu ini.

Apa itu Mandai?
 Mandai bisa digolongkan ke dalam kelompok lauk pelengkap sajian makanan, bisa digoreng langsung maupun disayur dengan jenis sayuran lain (biasanya dioseng). Pembuatan mandai adalah dengan proses garamisasi (bahasa saya) disimpan dalam wadah beberapa hari dengan air garam, mirip dengan cara membuat “jaruk kedondong” dan beberapa jenis manisan yang dibuat dengan merendamkan kepada jenis-jenis cairan tertentu. Mandai terbuat dari kulit cempedak, untuk yang belum kenal dengan buah ini silahkan pelototi gambarnya.

Dan ini gambar kulitnya,

Kulit cempedak yang telah dikupas bagian luarnya (gambar kanan) direndam dengan air garam dan disimpan dalam wadah beberapa hari (2-3 hari) sehingga menjadi lunak dan mengeluarkan bau khas mandai.

Cara Mengolah Mandai
Mandai dapat dimakan langsung (bagi yang suka dan tahan asem), digoreng langsung, maupun di sayur oseng bersama jenis sayuran lain.

Menggoreng Mandai, dipotong dengan ukuran sesuai selera

Kemudian di goreng

Hingga warna menjadi kuning kecoklat-coklatan


Enak dimakan bersama nasi hangat, rasa mandai agak asam dan asin, serta ada rasa unik yang membuat orang yang makan ketagihan. Pada saat pertama kali memakannya mungkin akan merasa aneh.
Selain kulit cempedak, mandai juga bisa diolah dari kulit nangka (ibu saya pernah coba).
Yap! pesan saya: "Jangan buang begitu saja kulit cempedak anda."

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar sahabat blogger sangat berguna bagi perkembangan artikel (post) pada blog ini :)

Gunakan kotak komentar atas untuk pengguna Facebook dan Gunakan kotak komentar bawah untuk blogger ^^V